Merawat Rambut Hijabers



Dayu - Berhijab saat ini sudah merupakan suatu trend fashion baru di kalangan remaja. Aneka jenis dan model hijab juga semakin banyak dijual di toko-toko pakaian dan butik-butik busana muslim. Namun dibalik hijab itu terdapat beberapa masalah, terutamaa yang menyangkut kesehatan rambut dan kulit kepala. Permasalahan yang tak kalah penting adalah terganggunya pertumbuhan rambut jika perawatan untuk rambut yang kita gunakan tidak sesuai dengan jenis rambut kita, mulai dari rambut yang rontok, ketombe, dan juga bau yang tidak sedap. 

Untuk mengatasinya berikut tips-tips merawat kesehatan rambut dan kulit kepala, agar tetap nyaman saat berhijab.

Rambut Basah
Hindari menggunakan hijab saat rambut dalam keadaan basah karena rambut yang basah akan memicu kerontokan rambut, mudah patah dan bercabang . Jadi sebaiknya sebelum menggunakan hijab pastikan dulu bahwa rambut sudah benar-benar kering. 

Jangan Mengikat Terlalu Kencang.
Bagi yang berambut panjang, hindari mengikat rambut terlalu kencang karena akan membuat rambut rontok dan juga membuat kepala menjadi sakit. Pilih ikat rambut berbahan kain yang lembut dan ikat rambut dengan gaya ikat kepang atau cepol karena lebih longgar dan juga mampu mengikat rambut secara keseluruhan. 

Rajin Keramas.
Karena selalu tertutup hijab, kebersihan rambut harus diperhatikan, karena itu biasakan untuk rutin keramas setiap hari. Rambut yang tertutup jilbab lebih cepat bau karena keringat yang keluar. Dengan rajin mencuci rambut maka akar rambut akan sehat. Dan pastikan juga keramas dengan shampo yang tepat, sesuai dengan jenis rambut kita.

Pilihlah Hijab yang tepat.
Rambut juga membutuhkan sirkulasi udara, agar kulit kepala dan rambut tumbuh sehat. Pemilihan bahan dari hijab yang kita gunakan wajib jadi perhatian kita, karena inilah yang akan menutupi rambut dan kepala. Pilih bahan hijab yang terbuat dari bahan yang lembut dan dapat menyerap keringat, juga tidak panas saat dipakai seperti bahan katun atau kaos. Bahan hijab seperti polyester dan nylon biasanya lebih mudah panas bila terpapar sinar matahari dan menyebabkan suhu di kulit kepala naik. Apabila dikenakan terus-menerus, hal ini berisiko membuat rambut menjadi kusam dan mudah rontok. Selain itu hindari memakai dalaman hijab (ciput) yang terlalu ketat.

Model Hijab.
Tampil cantik dengan berbagai macam gaya hijab sah-sah saja, namun juga perlu diperhatikan dampaknya bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Model hijab yang menumpuk dan tebal membuat produksi minyak di kulit kepala meningkat dan berubah menjadi ketombe, ditambah lagi dengan sengatan matahari yang menimbulkan keringat, membuat rambut jadi lembab dan mengeluarkan aroma tak sedap. Gunakan hijab yang sederhana untuk kegiatan disiang hari, selain tidak repot juga akan membuat kita nyaman memakainya. 

So, ketombe dan masalah rambut lain bukan halangan ya untuk berhijab, karena hijab itu wajib bagi kita para Muslimah, asal rambut di rawat dengan baik dan memakai hijab yang syar'i, maka kecantikan kita tetap terpancar.



Sumber : id.she.yahoo.com




Comments
0 Comments

Komentar

0 Komentar Untuk "Merawat Rambut Hijabers"

Posting Komentar

 
Mari Berbagi...
Itu motto saya, walaupun yang saya bagikan belum sepenuhnya hasil karya ataupun pemikiran saya, paling tidak ada yang bisa saya bagikan bagi teman-teman semua .. Berharap semoga apa yang saya bagikan dapat menambah Ilmu dan Pengetahuan para pembaca ya..

Saran dan Kritik tentunya juga berguna bagi saya.. dan kontribusi teman-teman sangat bermanfaat bagi saya.

Enjoy This Blog ya...

About Me..

Saya adalah seorang pekerja yang berusaha menemukan suatu bakat dalam diri saya, menulis jelas bukan minat saya, namun berbagi adalah kesukaan saya. Inilah yang melatar belakangi pembuatan blog saya.. Jadi harap maklum ya..kalau isi blog saya tulisannya masih sedikit dan sangat jarang posting artikel.

Harapan saya kedepannya adalah menjadi seorang enterpreneur . Namun sampai saat ini masih belum menemukan usaha apa yang ingin saya geluti dan kembangkan sebagai tujuan akhir dari perjalanan hidup saya.

Semoga dengan berjalannya waktu, saya dapat menemukannya..

Aamiin.....

Kembali Ke Atas Copyright © 2012 | Dayoe Ajeng