Kelepon



Next Resep untuk menu buka puasa hari ke dua ini adalah makanan tradisional. Walaupun jenisnya traadisional tapi rasanya internasional banget deh...Orang-orang bule aja kalau makanan jajan pasar yang satu ini pasti terkaget-kaget dan terheran-heran...kok bisa ya, gula cair ada didalam buletan tepung ^_^



Biar bule-bule pada gak penasaran lagi..ini dia cara buatnya.

Bahan-bahan
  • 300 gr tepung ketan
  • 4 sdm air mendidih
  • 150 ml santan hangat
  • 50 ml air daun suji
  • ½ sdm air kapur
  • 200 gr gula merah, sisir halus
  • 1 butir kelapa agak muda, kupas, parut memanjang
  • Garam secukupnya

Cara membuat
Siram tepung dengan air mendidih, aduk rata. Tambahkan garam, air daun suji, air kapur sambil dituangi santan sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan dapat dibentuk.

Ambil adonan sebesar kelereng, pipihkan lalu isi dengan gula merah yang telah disisir. Bentuk bulatan, lakukan hingga adonan habis.
Rebus bulatan klepon ke dalan air mendidih hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Campur kelapa dan sedikit garam. Kukus dengan diberi daun pandan selama 5 menit. Angkat.Gulingkan rebusan klepon pada kelapa parut kukus dan sajikan.

Tips :

Jika daun suji tidak ada boleh menggunakan pewarna makanan instant, namun tetap gunakan pewarna makanan yang memang benar-benar aman dan foodgrade dan juga memiliki surat ijin dari BPOM. Atau juga boleh mengganti warna hijau dengan warna lain, supaya lebih menarik.. Mungkin Klepon Rainbow lebih menarik ya ^_^




Comments
0 Comments

Komentar

0 Komentar Untuk "Kelepon"

Posting Komentar

 
Mari Berbagi...
Itu motto saya, walaupun yang saya bagikan belum sepenuhnya hasil karya ataupun pemikiran saya, paling tidak ada yang bisa saya bagikan bagi teman-teman semua .. Berharap semoga apa yang saya bagikan dapat menambah Ilmu dan Pengetahuan para pembaca ya..

Saran dan Kritik tentunya juga berguna bagi saya.. dan kontribusi teman-teman sangat bermanfaat bagi saya.

Enjoy This Blog ya...

About Me..

Saya adalah seorang pekerja yang berusaha menemukan suatu bakat dalam diri saya, menulis jelas bukan minat saya, namun berbagi adalah kesukaan saya. Inilah yang melatar belakangi pembuatan blog saya.. Jadi harap maklum ya..kalau isi blog saya tulisannya masih sedikit dan sangat jarang posting artikel.

Harapan saya kedepannya adalah menjadi seorang enterpreneur . Namun sampai saat ini masih belum menemukan usaha apa yang ingin saya geluti dan kembangkan sebagai tujuan akhir dari perjalanan hidup saya.

Semoga dengan berjalannya waktu, saya dapat menemukannya..

Aamiin.....

Kembali Ke Atas Copyright © 2012 | Dayoe Ajeng