Penyebab Kulit Berminyak



Kondisi kulit wajah yang berminyak merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Wajah berminyak pada dasarnya dipicu oleh produksi minyak yang berlebihan dari dalam tubuh. Lantas apa penyebabnya? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Skin Inc berikut ini.

Genetik
Coba perhatikan wajah orang tua dan anggota keluarga yang lain. Kalau kebanyakan dari mereka memiliki wajah berminyak, bisa jadi penyebabnya adalah karena gen yang diturunkan.

Kosmetik
Terkadang, penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit lainnya juga bisa memicu produksi minyak berlebih. Jadi perhatikan dengan baik sebelum membeli produk tersebut. Pastikan kalau kosmetik yang dipilih tidak mengandung minyak ya..

Pergantian musim
Meningkatnya suhu dan kelembapan bisa membuat produksi minyak meningkat. Meskipun terjadi secara rutin, namun efeknya tidak berlangsung lama dan bisa diatasi dengan mudah.

Obat-obatan
Sedang sakit dan mengonsumsi obat-obatan? Bisa jadi wajah mengeluarkan minyak berlebihan karena konsumsi obat-obatan tersebut. Coba konsultasikan masalah itu pada dokter.

Kesalahan produk
Beberapa orang salah menggunakan produk kecantikan kulit karena kurang paham dengan kondisi kulitnya. Misalnya memakai produk untuk kulit berminyak padahal memiliki kulit kombinasi.

Perubahan Hormon
Wanita khususnya mengalami perubahan hormon selama hidupnya, yaitu ketika menstruasi, hamil, dan menopause. Perubahan hormon itu pun memicu produksi minyak berlebih pada tubuh.

Stres
Sebagai bentuk respon terhadap stres, tubuh menghasilkan minyak berlebih dan membuat wajah tampak berkilau karena minyak tersebut.

Alat kecantikan
Selain produk kecantikan, alat kecantikan juga berperan dalam penyebab wajah berminyak. Misalnya penggunaan sikat atau bantal bedak yang mengganggu kinerja kelembapan kulit.

Tanning
Proses tanning atau pewarnaan kulit punya efek buruk bagi produksi kulit. Meskipun pada awalnya kulit menjadi kering setelah tanning, namun tubuh akhirnya mengeluarkan minyak berlebih.

Lalu bagaimana cara merawat dan mengatasi gangguan kulit berminyak? Pada prinsipnya kulit berminyak adalah proses alamiah yang dialami semua orang. Jadi tidak ada obat atau teknik yang bisa menghentikan proses ini. Namun dengan perawatan yang baik, pemakain obat/produk kosmetik yang benar akan dapat mengontrol produksi minyak yang berkebih pada kulit wajah. 

Cara merawat dan mengatasi gangguan kulit berminyak menurut Ehow :
Mencuci Wajah.
Cuci wajah  tiga kali sehari dengan menggunakan sabun dan air panas.
Air panas jauh lebih efektif melarutkan dan membasuh minyak di kulit daripada air dingin.  dapat menggunakan sabun batangan biasa atau mencoba sabun khusus untuk kulit berminyak yang ada di apotik.

Olahraga Teratur
Olahraga yang teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan aliran darah serta pori-pori. Seperti yang orang banyak tahu, berkeringat itu menyehatkan  bagi kulit. Tak hanya itu, berkeringat pun dapat membantu menghentikan kulit berminyak dan mengurangi frekuensi wabah jerawat.

Gunakan Masker
Oleskan masker lumpur atau tanah liat beberapa kali dalam seminggu. Masker yang cenderung gelap biasanya akan menyerap minyak dengan sempurna serta mengurangi iritasi kulit sensitive.

Gunakan Kosmetik Yang Mengandung Air.
Gunakanlah kosmetik yang berbahan air karena produk yang berbasis minyak dapat meningkatkan minyak di wajah. Gunakan bedak tabur untuk memulas wajah , bedak jenis ini dapat meminimalkan minyak berlebih di kulit

Hindari Menstimulasi Kulit  Secara Berlebih. 
Exfoliating terlalu sering adalah pemicu umum produksi minyak yang berlebihan. Terus menerus menggosok atau scrubbing kulit juga bisa menyebabkan overstimulasi. Makin banyak jaringan kulit yang terkelupas setiap minggu makan akan meningkatkan produksi minyak. Gunakan obat atau resep yang mengandung retinol guna mengontrol kulit berminyak serta menghindari iritasi pada kulit seperti kemerahan dan kulit mengelupas.

Selamat Mencoba.




Comments
1 Comments

Komentar

1 Komentar Untuk "Penyebab Kulit Berminyak"

Halodok.com mengatakan...

Wajah berminyak perlu perawatan khusus yaitu selalu menjaga tetap bersih, cara mudahnya yaitu cuci muka dengan rutin, tapi ingat jangan terlalu sering, karena bisa kering kulitnya. Dan gunakan sabun yang sesuai dengan kulit. ;)


1 Juni 2016 pukul 12.03

Posting Komentar

 
Mari Berbagi...
Itu motto saya, walaupun yang saya bagikan belum sepenuhnya hasil karya ataupun pemikiran saya, paling tidak ada yang bisa saya bagikan bagi teman-teman semua .. Berharap semoga apa yang saya bagikan dapat menambah Ilmu dan Pengetahuan para pembaca ya..

Saran dan Kritik tentunya juga berguna bagi saya.. dan kontribusi teman-teman sangat bermanfaat bagi saya.

Enjoy This Blog ya...

About Me..

Saya adalah seorang pekerja yang berusaha menemukan suatu bakat dalam diri saya, menulis jelas bukan minat saya, namun berbagi adalah kesukaan saya. Inilah yang melatar belakangi pembuatan blog saya.. Jadi harap maklum ya..kalau isi blog saya tulisannya masih sedikit dan sangat jarang posting artikel.

Harapan saya kedepannya adalah menjadi seorang enterpreneur . Namun sampai saat ini masih belum menemukan usaha apa yang ingin saya geluti dan kembangkan sebagai tujuan akhir dari perjalanan hidup saya.

Semoga dengan berjalannya waktu, saya dapat menemukannya..

Aamiin.....

Kembali Ke Atas Copyright © 2012 | Dayoe Ajeng